Home > Kuliner > Ikan Asar Menjadi Kebanggaan Di Jayapura

Ikan Asar Menjadi Kebanggaan Di Jayapura

Ikan Asar ini sama seperi Ikan Asap.  Indonesia memiliki banyak provinsi, salah satunya Provinsi Papua yang terletak di Timur Indonesia. Jayapura sebagai Ibu Kota Provinsi Papua memiliki khas budaya tersendiri bagi kotanya. Tidak hanya budaya, kesenian dan panorama alamnya pun memiki pesona yang menarik untuk ditelusuri, tentunya memiliki daya tarik tersendiri bagi turis lokal maupun interlokal.

Di kawasan Dok 9 yang tidak jauh dari pusat Kota Jayapura terdapat pasar tradisional yang menjual beragam kebutuhan hidup penduduk sekitar pasar tersebut. para penduduk sekitar yang bermatapencaharian sebagai nelayan, ikan tangkapannya tersebut dijual kembali di pasar. Ikan Asar salah satu ikan yang paling digemari dan menjadi kebanggaan di Kota Jayapura.
Pada dasarnya, Ikan Asar ini sama seperi Ikan Asap. Namun, cara mengasapinya berbeda. Jika Ikan Asar ditaruh secara diagonal di sisi bara yang menghasilkan asap. Maka, Ikan Asap ditaruh di atas asap secara horizontal. Menurut salah satu penjual, Si Anak Mudo, hal tersebut dilakukan agar ikan benar-benar kering dan masak hingga ke dalam sisi-sisi daging. Tidak ada lagi kandungan air yang tersimpan di dalam daging karena air sudah turun saat posisi ikan dimiringkan.
Ikan Asar memiliki bahan dasar yaitu, Ikan Cakalang, Ikan Ekor Kuning atau Ikan Tongkol, yang penting dibutuhkan ikan dengan tekstur daging yang cukup padat agar tidak rapuh saat diasapi. Cara memasaknya cukup sederhana, mulai dari kondisi ikan mentah kemudian dibersihkan isi perutnya dan ikan siap untuk diasapi. Pengasapannya membutuhkan waktu 4-5 jam dan dilakukan diruang tertutup agar asap meresap hingga ke dalam daging dan benar-benar matang.
Selain unik dalam cara memasaknya, Ikan Asar ini memiliki cita rasa tersendiri. Gurihnya daging asap dan aroma yang begitu menggugah selera tercium dari tiap sisi ikan yang dijual. Sambal kecap dan nasi panas sangat cocok sebagai pelengkap untuk menikmati Ikan Asar. Ikan yang rasanya nikmatnya ini menjadikan pelanggan untuk membeli Ikan Asar lebih banyak, hingga sepuluh ekor bahkan lebih setiap membeli.
Ikan yang menjadi kebanggaan Jayapura ini dikenal hingga pelosok Jayapura, bahkan di luar Jayapura. Banyak wisatawan interlokal menyempatkan diri untuk membeli ikan ini dan membawa pulang sebagai oleh-oleh khas Kota Jayapura. Hebatnya, dari sekian banyak makanan yang dijual di seluruh Jayapura, hanya ada dua kios yang menjual Ikan Asar, dan istimewanya, Anak Mudo ini menjadi salah satu penjualnya.
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*