Home > Berita > PEMKOT JAYAPURA GELAR PENDATAAN PENDUDUK TINGKAT KEKELURAHAAN

PEMKOT JAYAPURA GELAR PENDATAAN PENDUDUK TINGKAT KEKELURAHAAN

Walikota didampingi Kepala dinas Sosial Provinsi Papua, dan Fokopimda Kota jayapura serta ketua LMA portnumbay saat menekan tombol tanda pencanganan GISA di kelurahan Ardipura, Sabtu 6 Oktober 2018

JAYAPURAKOTA-Pemerintah kota Jayapura melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil),  gelar pendataan penduduk di tingkat kelurahan, sabtu 6 Oktober 2018.

Palayanan yang dipusatkan di keluraham Ardipura, untuk mendata kependudukan e-KTP, akte lahir dan pencatatan sipil.

“Hari ini kita melakukan tiga agenda besar, yaitu disendukcapil akan melakukan pendataan e-KTP, akte kelahiran, akte pencatatan sipil, seperti warga yang sudah nikah gereja tapi belum melakunan pencatatan sipil, ia bisa melakukannya disini,”kata DR. Benhur Tomi Mano, MM, Wali Kota Jayapura saat memberikan sambutan dihadapan Kepala Dinas Sosial provinsi Papua, Forkopimda Kota Jayapura, Ketua LMA Portnumbay, dan masyarakat keluarahan Ardipura.

Orang nomor 1 di kota Jayapura ini, mengatakan seluruh pelayanan kependudukan di kelurahan Ardipura dilakukan secara gratis.

Walikota saat memebrikan sambutan dihadapat tamu undangan pencanganan GISA di keluharan Ardipura, Sabtu 6 Oktober 2018.

“Hari ini juga masyarakat dilayani untuk pembuatan kartu keluarga dan seluruh pelayanan dilakukan secara gratis, tidak dipungut bayaran,”kata putra asli Portnumbay ini.

Wali Kota mengharapkan kepengurusan data kependudukan ini menjadi hal yang penting bagi masyarakat karena menjadi langka awal bagi warga untuk mendapatkan pelayanan pendidikan, kesehatan, dan kesejahteraan dari pemerintah.

Selain itu, Wali Kota tegaskan warga tidak terpengaruh dengan oknum warga yang melarang untuk merekam e-KTP karena bertentangan dengan ajaran Agama.

“Jangan ada orang-orang yang menyampaikan jangan urus e-KTP itu ada ankah 666, itu tidak benar,”tegasnya.

Walikota bersama Forkopimda Kota Jayapura serta tamu undangan Pencanganan Gisa kelurahan Ardipura, sabtu 6 oktober 2018

Tujuan pemerintah melakukan pendataan kependudukan di lingkungan kelurahan untuk menyelesaikan tugas pemerintah kota Jayapura yang baru mencapai 74,79%, diharapkan Desember 2018 seluruh pendataan di kota Jayapura diselesaikan.

“Ini yang saya lakukan untuk petugasnya turun langsung kerumah warga,”kata Wali Kota yang akrab disapa BTM.

Wali Kota juga mempertanyakaan tugas RT/RW yang telah dipercayakan untuk mendata warganya, tetapi tidak proaktif menyelesaikannya.

“Untuk itu saya minta 24 kelurahan dan 14 kampung diminta pro aktif melakukan pendataan kependudukan didaerah kerjany masing-masing,”harapnya.

Pembentukan satgas operasi non Yustisi KTP penduduk kota Jayapura, sabtu 6 Oktober 2018

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil kota Jayapura, DR. Merlan S. Uloli mengatakan terpilihnya kelurahan Ardipura sebagai lokasi pendataan kependudukan karena peran kelurahan dan RT/RW yang proaktif dalam menyelesaikan tugas Dispedukcapil.

Palayanan kependudukan di kelurahan ardipura ditandai dengan pencananganan Gerakan Indonesia Sadar Administrasi (GISA) yang dipusatkan di kelurahan Ardipura, Peluncuran buku Data Kependudukan Orang Asli Papua (OAP) serta pembentukan satgas operasi non Yustisi KTP penduduk kota Jayapura.(Humas)

  • 19
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*