Home > Tak Berkategori > RESMIKAN GEDUNG KANTOR KELURAHAN BHAYANGKARA, ADMINDUK HARUS SEMAKIN BAIK

RESMIKAN GEDUNG KANTOR KELURAHAN BHAYANGKARA, ADMINDUK HARUS SEMAKIN BAIK

WALI KOTA JAYAPURA DR BENHUR TOMI MANO, MM BERSAMA WAKIL WALI KOTA JAYAPURA IR H RUSTAN SARU, MM MERESMIKAN GEDUNG KANTOR KELURAHAN BHAYANGKARA

JAYAPURAKOTA – Wali Kota Jayapura Dr Benhur Tomi Mano, MM meresmikan gedung kantor Kelurahan Bhayangkara di Distrik Jayapura Utara. Peresmian tersebut diharapkan semakin menunjang kegiatan tertib Administrasi Kependudukan (adminduk). “Penyelenggaraan Adminduk melalui gedung kantor baru harus semakin baik, seperti E-KTP bagi seluruh warga di wilayah Kelurahan Bhayangkara tanpa terkecuali harus memiliki data kependudukan sebagai bukti diri. Hal tersebut harus didukung oleh seluruh staf bersama RT dan RW untuk mendata warga di atas 17 tahun ke atas,” katanya meresmikan gedung kantor Kelurahan Bhayangkara, Jumat 28 Desember 2018.

Wali Kota menjelaskan jenis-jenis adminduk yang harus diadakan Kelurahan Bhayangkara dan dipatuhi warganya. Kartu Keluarga harus dimiliki warga yang tinggal dalam satu rumah, terkhusus bagi yang sudah menikah dan berkeluarga atau keluarga baru. Setelah memiliki Kartu Keluarga dan E-KTP, warga yang memiliki anak juga harus membuat Akta Kelahiran bagi anaknya. Kemudian, anak yang sudah berumur di bawah 5 tahun harus memiliki Kartu Identitas Anak (KIA). KIA dapat digunakan saat berpergian dengan transportasi publik seperti transportasi udara atau transportasi laut.

Adminduk berikutnya adalah pelayanan akta pencatatan sipil atau akta pernikahan bagi warga yang sudah menikah. Bagi warga yang meninggal, diharapkan melapor ke RT dan RW dan berkoordinasi ke rumah sakit untuk dibuatkan Akta Kematian. Terakhir, bagi warga yang mengakhiri rumah tangga juga difasilitasi Akta Perceraian bagi pasangan suami-isteri yang hendak mengakhiri rumah tangganya. “Ada juga fasilitas akta perceraian tapi diharapkan tidak ada yang bercerai, karena harapannya sebuah keluarga harus Sakinah, Mawaddah dan Warohmah atau Suka Cita, Bahagia dan Kesetiaan,” katanya menjelaskan jenis-jenis Adminduk.

WALI KOTA JAYAPURA DR BENHUR TOMI MANO, MM MENANDATANGANI PRASASTI PERESMIAN GEDUNG KANTOR KELURAHAN BHAYANGKARA

Wali Kota meminta kepala kelurahan untuk menjaga ketentraman dan keamanan di wilayah Kelurahan Bhayangkara dengan membangun Pos Siskamling di setiap RT dan RW. Babinsa dan Bhabinkamtibmas yang turut mengamankan lingkungan warga di Kota Jayapura juga turut dibantu partisipasi warga kelurahan. Kepada warga kelurahan yang memiliki sertifikat tanah juga diharapkan Wali Kota untuk tidak diganggu hak kepemilikan tanahnya oleh oknum yang mengaku memiliki tanah. Sebagai anak negeri, Wali Kota berpesan untuk tidak mencaplok lahan yang telah bersertifikat atau resmi dimiliki pihak tertentu.

Kepada ketua RT dan ketua RW untuk mendukung Wali Kota dalam menjaga kebersihan lingkungan, kenyamanan dan keamanan. Tugas utama lainnya adalah mendata warga di lingkungan mereka masing-masing, terutama warga pendatang baru yang belum memiliki identitas diri. Warga yang pindah domisili hingga warga yang meninggal juga didata untuk memastikan jumlah penduduk di suatu wilayah RT dan RW.

WAKIL WALI KOTA JAYAPURA IR H RUSTAN SARU, MM MENGGUNTING PITA PERESMIAN GEDUNG KANTOR KELURAHAN BHAYANGKARA

Kepala Bagian Pemerintahan Raymond Mandibodibo, SSos, MSi menjelaskan gedung kantor Kelurahan Bhayangkara bersumber dari APBD Pemerintah Kota Jayapura pada DPA Bagian Pemerintahan tahun 2018. Luas lahan pembangunan gedung kantor adalah 240 m2 dan luas bangunan adalah 140 m2 yang terdiri dari beberapa ruangan. Di antaranya ruang kerja kepala kelurahan, sekretaris kelurahan, ruang kerja kepala seksi, aula dan ruang pendukung lainnya. “Pembangunan menghabiskan dana senilai Rp 619.900.000 yang dikerjakan oleh CV Duta Papua Membangun selama 115 hari kerja, mulai tanggal 23 Agustus 2018 – 15 Desember 2018,” katanya.

KEPALA BAGIAN PEMERINTAHAN RAYMOND MANDIBODIBO, SSOS, MSI MELAPORKAN PEMBANGUNAN GEDUNG KANTOR KELURAHAN BHAYANGKARA

(HUMAS)

 

Humas Setda Kota Jayapura

  • 15
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*