Home > Berita > TEMU KEPALA DAERAH TABI, WALI KOTA PAPARKAN STRATEGI INTEGRASI PERCEPATAN PEMBANGUNAN

TEMU KEPALA DAERAH TABI, WALI KOTA PAPARKAN STRATEGI INTEGRASI PERCEPATAN PEMBANGUNAN

WALI KOTA JAYAPURA, DR BENHUR TOMI MANO MM, SAAT MEMBERIKAN REKOMENDASI KEPADA KETUA ASOSIASI KEPALA DAERA SE-TANAH TABI, JUMAT 8 FEBRUARI 2019

JAYAPURAKOTA – Wali Kota Jayapura, Dr. Benhur Tomi Mano MM, memaparkan strategi pembangunan pemerintah kota Jayapura. Pada diskusi dengan thema “Pemantapan Data Dasar Program Strategis Percepatan Kawasan Adat Tabi” Asosiasi Forum Kepala Daerah se-kawasan Tabi, di Jayapura, yang di inisiasi oleh sekretariat Percepatan Pembangunan Kawasan Wilayah Tabi.

Disampaikannya, percepatan pembangunan dan kerjasama antar kawasan wilayah Tabi tersinergi dalam norma pembangunan kerja dan dua hal yang terinclud didalamnya masing-masing pembangunan manusia dan masyarakat. Serta mewujudkan pertumbuhan ekonomi pembangunan sosial dan pembangunan ekonomi yang berkelanjutan.

“Disamping memulihkan dan menjaga keseimbangan wilayah dan kelompok sosial dalam pembangunan guna mewujudkan perekonomian inklusif berbasis ilmu pengetahuan, tehnologi, keunggulan sumber daya manusia”kata Wali Kota ke-lima Ibu kota Provinsi Papua, Jumat 8 Februari 2019

Selain itu diperlukan perhatian dimensi pembangunan manusia yang perlu diperhatikan adalah pendidikan, kesehatan dan perumahan, pembangunan sektor unggulan, kedaulatan pangan kedaulatan energi, ketenagakerjaan, ketenagalistrikan ,keamanan, pariwisata dan industri serta pemerataan kewilayahan antar kelompok dan pendapatan antar wilayah.

Menurutnya yang tidak kalah penting  adalah kepastian penegakan hukum, keamanan dan ketertiban politik juga demokrasi tata kelola pemerintahan.

FOTO BERSAMA PESERTA DISKUSI PERCEPATAN PEMBANGUNAN DI KAWASAN TABI, JUMAT 8 FEBRUARI 2019

Disisi lain diskusi ini bertujuan menyatukan profil pembangunan strategis masing-masing kabupaten/kota di kawasan Tabi  antara  masing-masing kota Jayapura, kabupaten Jayapura,kabupaten Keerom, kabupaten Mamberamo Raya dan kabupaten Sarmi untuk selanjutnya direkomendasikan pada agenda BAPENAS mendatang.

“Ada beberapa poin yang sudah disepakati mengenai agenda pembangunan kawasan Tabi, ini yang sementara ini disatukan, profil daerah masing-masing kita jadikan satu menjadi profil Tabi, nanti kedepan agenda ini akan kita satukan dengan program nasional pengembangan kawasan, sehingga Tabi ini juga masuk dalam pengembangan kawasan secara nasional,”ujar Mathius Awaitouw, selaku Ketua Asosiasi Forum Kepala Daerah Tabi.

Mathius Awaitouw yang juga adalah Bupati kabupaten Jayapura menerangkan bahwa hasil diskusi ini akan selanjutnya dibahas pada musrenbang tingkat Tabi dan musrenbang provinsi Papua.

“Mungkin bulan maret kita bisa selenggarakan musrenbang Tabi, supaya apa yang kita bicarakan ini benar-benar bisa menjadi agenda perencanaan 2020, baik provinsi maupun nasional,”ujar Awaitouw

Diskusi yang digelar sehari, selain Kepala daerah turut hadir dalam diskusi tersebut para asisten dan pimpinan OPD masing-masing kabupaten/kota.**(Humas)

  • 28
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*