Home > Berita > KEENAM KALINYA KOTA JAYAPURA RAIH OPINI WTP

KEENAM KALINYA KOTA JAYAPURA RAIH OPINI WTP

PENYERAHAN LAPORAN HASIL PEMERIKSA ATAS LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH TAHUN ANGGARAN 2018 PADA PEMERINTAH KABUPATEN/KOTA SE PROVINSI PAPUA, OLEH BKP RI PERWAKIL PROVINSI PAPUA, RABU 15 MEI 2019

JAYAPURAKOTA – Berdasarkan hasil pemeriksaan BPK perwakilan propinsi Papua terhadap Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD)tahun anggaran 2018, kota Jayapura untuk ke-enam (6) kalinya meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) murni.

Terhadap penilaian BPK Perwakilan propinsi Papua tersebut, Wali Kota Jayapura, DR. Benhur Tomi Mano, MM mengatakan, hal tersebut merupakan hasil komitmennya bersama Wakil Wali Kota yang didukung jajaran pemerintah kota Jayapura, untuk menggunakan dan mempertanggungjawabkan penggunaan anggaran yang digunakan untuk pelaksanaan kegiatan pemerintah, pembangunan dan kemasyarakatan, secara efektif, efisien, transparan dan akuntabel.

“Ditambah tahun ini berarti sudah 6 kali kota Jayapura meraih opini WTP. 2 kali WTP dengan paragraf penjelasan (WTP-DPP) dan 4 kali termasuk tahun ini WTP murni. Puji Tuhan saya berterimakasih kepada semua OPD yang telah mempertanggungjawabkan semua anggaran-anggaran yang telah digunakan dengan baik, sehingga kita bisa mempertahankan opini WTP ini,” tegasnya.

Untuk itu kedepannya Wali Kota berharap, jajarannya lebih fokus lagi dalam penggunaan dana, termasuk juga penanganan aset daerah. Karena diakuinya, selama ini penanganan aset daerah masih lemah padahal pemerintah kota Jayapura memiliki aset yang jumlahnya tidak sedikit.

“Kedepan akan lebih sulit lagi, terutama berkaitan dengan aset daerah akan terus diperketat. Setiap rapim (rapat pimpinan) saya selalu mengecek penggunaan keuangan sudah sejauh mana. Kami juga memilih orang-orang yang mengerti tentang keuangan, agar penggunaan anggaran dan pertanggungjawabannya bisa dilakukan dengan baik sesuai aturan yang berlaku,” ungkapnya.

WALI KOTA JAYAPURA, BERSAMA SEJUMLAH PIMPINAN OPD USAI MENERIMA LAPORAN HASIL PEMERIKSAAN BKP RI ATAS LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH KOTA JAYAPURA TAHUN 2018 DENGAN PRESTASI WTP KE-ENAM.

Sementara itu, Kepala BPK perwakilan propinsi Papua, Paula Henry Simatupang mengungkapkan, dari 14 kabupaten/kota di propinsi Papua, 10 diantaranya meraih opini WTP yaitu, kota Jayapura, kabupaten Jayapura, kabupaten Jayawijaya, kabupaten kepulauan Yapen, kabupaten Asmat, kabupaten Merauke, kabupaten Nabire, kabupaten Mimika, kabupaten Keerom dan kabupaten Yalimo. Sedangkan 4 kabupaten lainnya yaitu, kabupaten Pegunungan Bintang, kabupaten Lanny Jaya, kabupaten Paniai dan kabupaten Supiori meraih opini Wajar Dengan Pengecualian (WDP).

Berdasarkan hasil pemeriksaan menurutnya, ditemukan masih adanya permasalahan utama yang berpengaruh  terhadap penyajian laporan keuangan yaitu, penyelesaian kas dibendahara pengeluaran belum tertib, belanja belum dipertanggungjawabkan dan pengelolaan aset dan persediaan belum tertib.

“BPK RI berharap agar seluruh pemerintah daerah melakukan langkah-langkah perbaikan yang diperlukan untuk mengeliminasi kelemahan-kelemahan yang ada, sehingga penyajian laporan keuangan di masa mendatang semakin baik,” harapnya.***(Humas)

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*