Home > Berita > KOTA JAYAPURA TERPILIH DALAM PROGRAM 100 SMART CITY

KOTA JAYAPURA TERPILIH DALAM PROGRAM 100 SMART CITY

WALI KOTA JAYAPURA DR BENHUR TOMI MANO, MM DAN WAKIL WALI KOTA JAYAPURA IR H RUSTAN SARU, MM MENJELASKAN SMART CITY

JAYAPURAKOTA – Kota Jayapura pada program nasional 100 Smart City lolos syarat verifikasi tata kelola pemerintahan dan pelayanan publik. Wali Kota Jayapura Dr Benhur Tomi Mano, MM mengatakan hanya 25 kabupaten dan kota yang terpilih dari 334 nominasi untuk melakukan MoU Smart City. Wakil Wali Kota Jayapura Ir H Rustan Saru, MM mewakili Wali Kota Jayapura dan telah menandatangani MoU Smart City pada 15 Mei 2019 di Jakarta.

“Dari 334 kabupaten dan kota di seluruh Indonesia, Kota Jayapura lolos verifikasi Smart City. Hanya 25 kabupaten dan kota yang tepilih di Indonesia. Wakil Wali Kota Jayapura telah menandatangani MoU bagi yang lolos verifikasi ke tahap berikutnya di hadapan menteri dalam negeri dan menteri komunikasi dan informatika,” katanya pasca sidak TPID, Kamis 16 Mei 2019.

Pemerintah Kota Jayapura diundang Kementrian Dalam Negeri dan Kementrian Komunikasi dan Informatika, BAPPENAS dan Kementrian Keuangan dalam rangka penandatanganan MoU 25 kabupaten dan kota di seluruh Indonesia. Penandatanganan tersebut menindaklanjuti program 100 Smart City. Kota Jayapura terpilih dan dinilai memenuhi syarat verifikasi tata kelola pemerintahan dan pelayanan publik, secara umum di Papua dan Papua Barat, Indonesia.

“Ke depannya Kota Jayapura akan lebih menata pemerintahannya dari segi smart governance, smart people, smart environment dan smart transportation. Kementrian Komunikasi dan Informatika akan membantu kita dalam workshop atau pembekalan mengenai bagaimana merancang master plan untuk program 100 smart city,” kata Wakil Wali Kota Jayapura.

Untuk itu, pemerintah daerah diminta mempersiapkan infrastruktur termasuk SDM dan perangkat aplikasinya agar bisa terkoneksi dengan baik. Jika berjalan dengan baik, maka komunikasi, informasi dan teknologi menjadi akan induk program tersebut, juga menjadi modal utama. Dalam mengelola komunikasi Smart City, seluruh pemerintah yang memiliki beban fiskal daerah akan ditempatkan anggaran untuk membangun program tersebut. Koneksi akan berjalan jika sudah ada master plan dari Kemkominfo, yang nantinya akan berdampak pada kemudahan pelayanan publik dan dampak peningkatan kesejahteraan masyarakat di Kota Jayapura. (HUMAS)

 

Humas Setda Kota Jayapura

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*