Home > Tak Berkategori > WALI KOTA BEBASKAN PAJAK HOTEL BARU SELAMA 6 BULAN

WALI KOTA BEBASKAN PAJAK HOTEL BARU SELAMA 6 BULAN

JAYAPURAKOTA – Bisnis perhotelan sebagai ujung tombak industri pariwisata di Kota Jayapura yang dipandang Wali Kota Jayapura Dr Benhur Tomi Mano, MM menjadi urgensi pembangunan daerah. Untuk itu, Wali Kota membebaskan pajak selama 6 bulan bagi hotel yang baru berdiri. “Bebaskan pajak selama 6 bulan saja. Jangan langsung menagih hotel baru, tunggu 6 bulan, ini kebijakan saya yang sudah diberlakukan di beberapa hotel. Beri mereka waktu bernafas baru ditagih pajaknya,” katanya pada peresmian Grand Opening Hotel Horison Kotaraja di Jayapura, Kamis 11 Juli 2019.

Pembangunan yang megah dan menelan biaya besar membuat Wali Kota mengeluarkan kebijakan membebaskan pajak hotel selama 6 bulan. Pemerintah Kota Jayapura hanya menarik 10% pajak perhotelan, yang diberlakukan setelah hotel diresmikan 6 bulan setelahnya.

Dengan adanya kebijakan tersebut diharapkan pengusaha perhotelan dapat semakin mengembangkan daerah tempatnya brbisnis, juga mensejahterakan masyarakat melalui pemberdayaan anak Papua sebagai karyawan hotel. Kepada PHRI, Walu Kota menegaskan untuk berkoordinasi bersama seluruh pengusaha hotel agar taat membayar pajak. Hal tersebut menindaklanjuti rencana kedatangan KPK pada 24 dan 25 Juli 2019, sebagai upaya memaksimalkan PAD di Kota Jayapura.

“Semua hotel yang sudah dibuat sistem pajak online yang bekerjasama dengan Bank Papua untuk dipatuhi. KPK akan menagih pemda perihal pajak hotel yang macet, saya akan undang semua hotel dan KPK perihal sistem pajak online yang berjalan secara realtime,” katanya.

Wali Kota minta kerjasama pengusaha hotel untuk taat membayar pajak perhotelan yang menggunakan sistem pajak online. Hal tersebut guna memaksimalkan PAD dari pajak hotel dan juga agar tidak mendapat penilaian buruk dari KPK yang memeriksa secara realtime. Pertumbuhan ekonomi kota jayapura 8.2% dan IPM tertinggi se-Papua 78.2%, tertinggi secara nasional. (HUMAS)

Humas Setda Kota Jayapura

  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*