Home > Tak Berkategori > Simulasi Evakuasi Mandiri Ancaman Bencana Gempa Bumi Berpotensi Tsunami

Simulasi Evakuasi Mandiri Ancaman Bencana Gempa Bumi Berpotensi Tsunami

KPK Enggros Orgenes Meraudje memberikan pengarahan kepada peserta simulasi

JAYAPURAKOTA – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Jayapura dalam rangka membangun budaya siaga bencana, mengadakan simulasi evakuasi mandiri ancaman bencana gempa bumi berpotensi tsunami. Wali Kota Jayapura Dr Benhur Tomi Mano, MM diwakili Staf Ahli Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan Drs Daniel Mano, MSi membuka simulasi yang diikuti 50 peserta dari Kampung Enggros dan Tobati.

“Indonesia sebagai negara yang teletak du lengkungan cincin api atau ring of fire memiliki 128 gunung api aktif, bencana alam tidak dapat diprediksi secara pasti maka penting bagi memahami kesiapsiagaan dan memanfaatkan potensi mendeteksi tanda alam,” katanya di atas rumah papan Kantor Kepala Pemerintahan Kampung Enggros, Kamis 27 September 2019.

Warga dievakuasi menggunakan boat ke pulau terdekat mengantisipasi gelombang tsunami

Simulasi yang berlangsung di rumah papan Kampung Enggros melibatkan 25 warga dan 25 personel BPBD. KPK Enggros Orgenes Meraudje di kantornya pada simulasi memberi arahan kepada warganya untuk segera mengevakuasi diri. Beberapa warga berperan mengarahkan warga lain, personel BPBD di ujung dermaga siap dengan speed boat yang akan mengungsikan warga ke pulau terdekat yakni Pulau Ciberi.

Simulasi tersebut berlangsung selama satu hari, dengan harapan warga meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam manajemen bencana. Kemudian, membangun siaga bencana dalam kemandirian berbasis kearifan lokal, tersedianya peta dan jalur evakuasi serta rambu-rambu evakuasi dan meeting point. (HUMAS)

Humas Setda Kota Jayapura

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*