Home > Berita > Kemkominfo Anugerahi Penghargaan Smart City kepada Pemkot Jayapura

Kemkominfo Anugerahi Penghargaan Smart City kepada Pemkot Jayapura

JAYAPURAKOTA – Wali Kota Jayapura Dr Benhur Tomi Mano, MM melalui Wakil Wali Kota Jayapura Ir H Rustan Saru, MM kembali menerima penghargaan Smart City dari Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia. Penghargaan diserahkan langsung oleh Menteri Komunikasi dan Informatika Jhony G Plate, atas capaian Pemerintah Kota Jayapura yang berhasil menetapkan Masterplan atau Roadmap dan Quick Wings Smart City pada gelaran Exhibition, Evaluation dan Presedential Lecture di Jakarta, Rabu 6 November 2019.

“Selama saya menjabat Wali Kota, banyak prestasi dan inovasi yang dihadirkan untuk kemajuan pembangunan Kota Jayapura, salah satu inovasi yang tidak main-main dan tidak sembarangan di kabupaten / kota di Indonesia adalah smart city,” kata Wali Kota Jayapura Dr Benhur Tomi Mano, MM.

Wakil Wali Kota Jayapura Ir H Rustan Saru, MM mengatakan bahwa Pemerintah Kota Jayapura sudah masuk dalam 100 Smart City di Indonesia, dengan 25 kabupaten / kota yang dianugerahi penghargaan. “Hal ini sebagai bentuk komitmen Pemerintah Kota Jayapura dalam mensukseskan Smart City,” katanya.

Sementara itu, Kadis Kominfo Kota Jayapura Drs Binton Nainggolan menjelaskan, ada 548 kabupaten / kota di Indonesia namun yang ditetapkan Menteri Kominfo RI dalam Smart City hanya 100. Kemudian, diseleksi lagi menjadi 25 kabupaten / kota yang menerima penghargaan, yang salah salah satunya Kota Jayapura. “Smart City diwajibkan harus mempunyai desain smart city dan diskominfo dibackup oleh konsultan selama empat kali bimtek dan telah menyusun grand design dan roadmap yang sudah selesai,” katanya.

Wali Kota menambahkan, Kota Jayapura terpilih dari 100 kabupaten / kota untuk penerapan Smart City oleh Menteri Kominfo. Hasil upaya keras OPD di lingkungan Pemerintah Kota Jayapura terlebih mendapatkan penghargaan yang sudah siap menerapkan Smart City, tentu menjadi hal yang sangat luar biasa. Wilayah timur Indonesia bisa menjadi Smart City seperti kota besar lain di wilayah barat Indonesia bahkan luar negeri.

Smart City yang sudah dimasukkan ke dalam RPJMD oleh Pemerintah Kota Jayapura bertugas memasukkan Roadmap pembangunan dan strategi untuk pembangunan Smart City. Domain Smart City tidak hanya pada bidang kominfo melainkan semua kepentingan dan stakeholder. Tolok Smart City yakni banyak disiapkan sarana dan prasana pendukung IT dan SDM. Kemudian, tahun ini harus ada penerapan aplikasi e-tata ruang Dinas PUPR PKP Kota Jayapura, e-hijau DLHK, e-siapik Disperindagkop berkolaborasi dengan BI dan OJK. (HUMAS)

Humas Setda Kota Jayapura

  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*