Home > Berita > Gerakan Nasional Pilah Sampah Dari Rumah Dilaunching

Gerakan Nasional Pilah Sampah Dari Rumah Dilaunching

SEKDA DAN KEPALA DINAS LINGKUNGAN HIDUP PADA KEGIATAN LAUNCHING GERAKAN NASIONAL PILAH SAMPAH DARI RUMAH

JAYAPURAKOTA – Sampah menjadi permasalahan di Indonesia termasuk di kota Jayapura, untuk itu diperlukan penanganan secara cepat. Pengolahan sampah disumbernya menjadi sangat penting untuk mengurangi beban pengelolaan di hilir.

Tanggung jawab menjaga kebersihan harus dimulai dari diri kita sendiri, melalui penerapan prinsip mengurangi, menggunakan kembali dan mendaur ulang sampah atau dikenal dengan prinsip 3 R (Reuse, Reduce, dan Recycle) di tempat masing-masing.

Untuk itulah gerakan nasional pilah sampah dari rumah dilaunching, bersamaan dengan kerja bakti massal di kelurahan Yabansai distrik Heram kota Jayapura, Jumat, 15 November 2019.

Sekda kota Jayapura, Dr. Frans Pekey, M.Si mengatakan, dari sisi manfaat gerakan nasional ini adalah salah satu gerakan untuk meningkatkan kualitas hidup, karena kualitas hidup baik manakala didukung oleh lingkungan yang sehat dan bebas dari sampah.

“Pemerintah akan membuat surat edaran untuk mengajak warga masyarakat kota Jayapura bersama-sama turut berpartisipasi dan bertanggungjawab terhadap kebersihan kota. Selama ini sudah dilakukan tetapi belum masuk kepada pemilahan sampah, karena itu tahap berikutnya mari bersama-sama memilah sampah mulai dari rumah masing-masing. Untuk memulainya akan ada sosialisasi melalui RT RW kelurahan dan distrik, sehingga gerakan ini menjadi gerakan bersama seluruh warga masyarakat kota Jayapura. Pemerintah hanya memfasilitasi dan mendukung, bersama-sama mari kita sukseskan gerakan ini menuju kota yang sehat, asri dan nyaman untuk ditempati,” tegasnya.

KERJA BAKTI MASSAL DI KELURAHAN YABANSAI DISTRIK HERAM

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Ir. Ketty Kailola, M.Si mengatakan, sebenarnya pemilahan sampah itu sederhana karena terdiri dari sampah organik dan non organik, ketika sampah dipilah dari rumah maka mempermudah pengolahannya.

Melalui gerakan pilah sampah dari sumber ini menurutnya, mengajak masyarakat untuk bersama-sama melakukan pengolahan sampah, sehingga pengelolaan sampah secara keseluruhan di kota Jayapura akan semakin baik.

“Sebenarnya sosialisasi seperti ini sudah dilakukan terus menerus di tempat ibadah dan di sekolah-sekolah tetapi belum maksimal, sehingga dimunculkan kembali untuk menggugah masyarakat melakukan pilah sampah dari sumber. Melakukan pemilahan sampah sederhana saja, menggunakan kaleng bekas cat masyarakat dilatih memilah sampah dari sumber. Hari ini pencanangannya dengan harapan sosialisasi ini terus di follow up oleh distrik dan kelurahan, jangan Dinas Kebersihan sendiri tapi harus bersama-sama. Nantinya petugas kebersihan akan mengangkut sampah yang sudah terpilah,” jelasnya.(HUMAS)

  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*