Home > Berita > Dana Desa Tahap I Tahun 2019 Tuntas, Proses Tahap II Masih Berjalan

Dana Desa Tahap I Tahun 2019 Tuntas, Proses Tahap II Masih Berjalan

Wakil Wali Kota Jayapura Ir H Rustan Saru, MM saat ditemui di ruang kerjanya

JAYAPURAKOTA – Dana Desa / Kampung tahap I tahun 2019 telah selesai dilaksanakan. Wakil Wali Kota Jayapura Ir H Rustan Saru, MM mengatakan tahap II sudah pada proses pencairan dan berlangsung kegiatan fisik di lapangan. “Dana desa, dana bagi hasil pajak dan alokasi dana desa di Kota Jayapura untuk tahap I telah tuntas di tahun 2019. Tahap II juga sudah kita proses pencairan untuk proses pelaksanaan tapi belum selesai karena masih ada kegiatan fisik lapangan,” katanya.

Beberapa waktu lalu, Wakil Wali Kota mengadakan pertemuan bersama 14 Kepala Pemerintahan Kampung (KPK) di Kota Jayapura. Hasil rapat tersebut diputuskan bahwa dana tahap II harus selesai pada pertengahan bulan Desember 2019, lalu pencairan tahap III pada 20 Desember 2019 yang merujuk pada LPJ tahap II. Untuk memeprcepat dana desa tahun 2020, prasyaratnya adalah harus tuntas musrembang tingkat kampung, dibuktikan dengan rencana program APBD Kampung.

“Sebanyak 7 kampung sudah melaksanakan musrembang dan 7 kampung lainnya belum maka harus ditargetkan untuk selanjutnya pada Desember 2020, musrembang tingkat kampung dapat selesai. Sehingga pada bulan januari tahun berikutnya RAPBD Kampung tuntas ujtuk mempermudah proses pencairan tahap I,” katanya.

Wakil Wali Kota menambahkan, mulai tahun 2020, seluruh kampung tidak boleh mencairkan dana kampung melainkan harus non tunai dari pihak ketiga. Sebelumnya, pencairan masih bersifat tunai. Para KPK di 14 kampung diminta dalam musrembang harus melibatkan OPD terkait sebagai pendamping, agar mudah dalam menentukkan program dan kegiatan yang terkoordinasi dan terintegrasi dengan masing-masing OPD. Kemudian, untuk mempermudah penyusunan musrembang kampung ke depannya. (HUMAS)

Humas Setda Kota Jayapura

  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*