Home > Berita > Wali Kota Sampaikan Keberhasilan Capaian Pembangunan Tahun 2019

Wali Kota Sampaikan Keberhasilan Capaian Pembangunan Tahun 2019

JAYAPURAKOTA – Acara lepas tahun 2019 sambut tahun 2020 pemerintah kota Jayapura bersama Forkopimda dan masyarakat, yang dilaksanakan di lapangan Trisila, Selasa, 7 Januari 2020, berlangsung meriah dan penuh keakraban.

Acara tersebut diawali dengan doa bersama yang dibawakan 5 pimpinan agama, yang dimulai pimpinan agama Kristen Katolik dan dilanjutkan berturut-turut oleh pimpinan Muslim, Hindu, Budha dan Kristen Protestan.

Setelah doa bersama dilanjutkan dengan penyerahan penghargaan Wali Kota kepada OPD, distrik, kelurahan, puskesmas dan sekolah terbaik yang ada di lingkungan pemerintah kota Jayapura tahun 2019 dan penyerahan hadiah lomba hias pohon Natal peduli lingkungan se-kota Jayapura.

Wali Kota Jayapura, Dr. Benhur Tomi Mano, MM dalam pidatonya menyampaikan hasil capaian pembangunan pada beberapa bidang strategis sampai dengan tahun 2019 yaitu, Bidang pendidikan, mampu meningkatkan kualitas siswa, kualitas guru, fasilitas dan perlengkapan sekolah, sarana dan prasarana pendidikan pada jenjang pendidikan SD, SMP dan pendidikan masyarakat di TK dan PAUD serta pendidikan kesetaraan, yang bertujuan untuk tetap mempertahankan kota Jayapura sebagai barometer kemajuan pendidikan di Tanah Papua. 

Bidang kesehatan, memperbaiki tata kelola pelayanan puskesmas, sarana dan prasarana, peralatan medis dan penyediaan obat yang cukup, pelayanan dokter spesialis pada 13 puskesmas, memberikan pelayanan 24 jam  pada puskesmas. Selain itu, peningkatan kualitas lingkungan yang semakin bersih dan sehat saat ini mampu menekan penularan beberapa penyakit menular seperti malaria, DBD, diare, TBC dan ispa.

Bidang perekonomian, semakin tersedianya sarana dan prasarana perekonomian rakyat seperti pasar-pasar tradisional dan pasar modern. Bertumbuh pesatnya pusat-pusat perdagangan dan jasa seperti mall, supermarket, swalayan, pertokoan, perhotelan, restaurant dan rumah makan, cafe dan ruko, serta tersedianya sarana hiburan seperti tempat karaoke keluarga, bar dan diskotik, panti pijat, mendorong pertumbuhan investasi sektor swasta yang sangat tinggi. Selain itu di sektor pertanian tanaman pangan dan perikanan terus ditingkatkan sebagai sumber ketahanan pangan di kota Jayapura.  

Bidang infrastruktur, semakin tersedianya infrastruktur dan utilitas perkotaan  yang memadai seperti peningkatan ruas jalan serta pembangunan jalan aspal dan aspal rigid (beton), drainase, talud, LPJU, normalisasi kali dan penataan pemukiman, pemeliharaan taman dan lampu hias asesoris kota.

“Kita juga melakukan kerjasama pembangunan infrastruktur jalan bersama pemerintah pusat dan pemerintah provinsi Papua, seperti pembangunan jembatan yang megah dan indah yaitu jembatan Youtefa yang telah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada bulan November 2019 yang lalu serta operasionalisasi jalan ringroad menjadikan ikon wisata baru di kota Jayapura. Selain itu pelebaran jalan protokol jalur Abepura-Waena oleh balai besar jalan wilayah XII Papua kementerian PUPR RI.  Selain itu, penataan kawasan kumuh melalui program kotaku (kota tanpa kumuh) dibeberapa kawasan diantaranya di APO 45 kali yang semakin tertata rapi,” jelas Wali Kota.

Untuk penyediaan air minum lanjut Walikota, pihaknya telah melakukan kerja sama dengan PDAM Jayapura, dengan memberikan hibah penyertaan modal setiap tahun yang digunakan untuk perbaikan infrastruktur air minum dan penyambungan pipa air bersih bagi warga masyarakat tidak mampu.

Pihaknya juga terus benahi layanan dibidang transportasi dan angkutan jalan dengan akan dioperasionalkannya terminal tipe A Entrop dan terminal tipe B batas kota di Waena.

“Selain itu kita menambah armada angkutan bus baru 4 unit untuk layani masyarakat umum dan pelajar. Kita juga telah melaunching operasionalisasi kapal wisata Youtefa, yang dapat digunakan oleh masyarakat kota Jayapura untuk tour mengelilingi teluk Humbolt dan teluk Youtefa dengan biaya murah,” lanjutnya.

Untuk telekomunikasi dijelaskannya, pihaknya melakukan kerjasama dengan telkom untuk layanan akses informasi dan komunikasi seperti internet menuju terwujudnya kota modern dan kota cerdas (smart city).

Bidang lingkungan hidup, pihaknya terus berupaya mempertahankan penanganan kebersihan kota secara optimal, sehingga terlihat bersih, indah dan asri karena dihiasi dengan taman-taman kota yang dibuat pemerintah, sekolah, kampus, perkantoran organisasi kemasyarakat dan warga masyarakat. 

Selain itu, pengelolaan limbah melalui Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) komunal dibeberapa kawasan permukiman, serta pengelolaan Instalasi Pengolahan Lumpur Tinja (IPLT) di Koya Koso secara optimal. Hasilnya adalah kita mempertahankan Piala Adipura berturut-turut sejak tahun 2013, 2014, 2015, 2016, 2017 dan 2018, sedangkan tahun 2019 masih penilaian. Beberapa sekolah juga telah mendapatkan adiwiyata nasional dan adiwiyata mandiri tingkat nasional.  

Bidang pelayanan publik, pemerintah kota Jayapura tetap berkomitmen untuk mempertahankan pelayanan publik yang excelent yaitu, pelayanan kependudukan dan  pencatatan sipil dengan berbagai inovasi dan mobile, juga membangun data base penduduk Port Numbay dan orang Papua non Port Numbay di kota Jayapura. Pelayanan perizinan dengan sistem pelayanan terpadu satu pintu dengan predikat pelayanan perizinan terbaik se-Indonesia Timur, sehingga saat ini telah menjadi rujukan banch marking oleh komisi pemberantasan korupsi (KPK) RI bagi kabupaten dan kota di Papua dan Papua Barat.

Pengadaan barang dan jasa pemerintah, terus membenahi dan mempertahankan agar pelayanan pengadaan barang dan jasa menjadi yang terbaik di Papua dan Papua Barat dan telah menjadi role model dalam memberikan bimbingan dan pendampingan di beberapa kabupaten di Papua dan Papua Barat sesuai rekomendasi KPK RI.

Semua hasil pembangunan diatas telah mampu meningkatkan capaian indikator pembangunan sampai dengan tahun 2019 yaitu, angka kelulusan siswa rata-rata 100 persen, angka melek huruf naik menjadi 99,89 persen, angka partisipasi murni rata-rata 90,09 persen, harapan lama sekolah 14,16 tahun, angka harapan hidup 70,15 tahun, menekan angka kematian ibu melahirkan  62,95 per 100.000 kelahiran,

angka kematian bayi turun menjadi  3,56 per 1.000 kelahiran, imunisasi polio mencapai 100,47 persen, telah terakreditasi 13 puskesmas  yaitu, 5 puskesmas akreditasi utama dan 8 puskesmas akreditasi  madya. Laju pertumbuhan ekonomi 7,42 persen, pertumbuhan PDRB 3,89 persen, laju inflasi 2,42 persen, indeks gini rasio 0,31 persen, angka penduduk miskin 8,05 persen, tingkat pengangguran 12,1 persen, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) 79,42 point.

Capaian indikator pembangunan tersebut telah mengantarkan kota Jayapura menjadi salah satu kota yang mampu berkompetisi dikancah nasional, dengan berada pada peringkat 20 besar dari 500 lebih kota dan kabupaten di Indonesia berdasarkan penilaian menteri dalam negeri dan kementerian pendayagunaan aparatur negara dan reformasi birokrasi republik indonesia.

Pada kesempatan tersebut, Walikota menyampaikan ucapan terima kasih kepada Forkompinda, DPRD, Ketua LMA Port Numbay dan para ondoafi, tokoh agama, BUMN/BUMD, perbankan, perguruan tinggi,  BEM Perguruan Tinggi, serta  seluruh komponen masyarakat kota Jayapura yang telah mendukung penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat, sehingga mampu mencapai hasil pembangunan sebagaimana yang telah diuraikan.

Walikota juga menyampaikan terima kasih atas dukungan dan partisipasi seluruh komponen masyarakat kota Jayapura, yang ditunjukkan dengan turut serta menciptakan suasana kota yang semakin aman, damai dan kondusif, meskipun beberapa waktu lalu dalam tahun 2019 sempat mengalami kondisi daerah yang tidak menguntungkan semua pihak, namun berkat kesigapan aparat keamanan dan dukungan seluruh komponen masyarakat kota Jayapura, mampu menghadapi dan mengembalikan situasi daerah menjadi kondusif.

“Kita juga terus bekerjasama dengan aparat keamanan Polri dan TNI untuk terus melakukan operasi gabungan dalam rangka penertiban kota terhadap orang mabuk, penjualan miras ilegal, togel, judi, sabung ayam, pemalakan, pencurian  dan kejahatan lainnya,” tegas Walikota. (Humas)

  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*