Home > Berita > Pemkot Minta Pelaksanaan Sholad Idul Ada Tetap Terapkan Protokol Kesehatan

Pemkot Minta Pelaksanaan Sholad Idul Ada Tetap Terapkan Protokol Kesehatan

JAYAPURAKOTA – Pelaksanaan sholad idul adha 1441 hijriyah di kota Jayapura, diharapkan tetap menerapkan protokol kesehatan.

“Kami menerapkan tata cara protokoler kesehatan dalam mekasanakan idul adha pada hari jumat yang akan datang,”tegas Wakil Wali kota Jayapura, Ir. H. Rustan Saru,MM., usai pimpin rapat kordinasi bersama Kantor Kementrian Agama, Tokoh Agama, pengurus masjid dan musholah, Satpol PP dan Polri, di aula sian soor kantor Wali Kota, senin 27 Juli 2020.

Lanjut orang nomor dua kota Jayapura ini, meminta seluruh panitia sholad idul adha 1441 hijriyah dan pengurus masjid dapat mendukung pemerintah dalam penerapan protocol kesehatan selama sholad idul adha berlangsung di tengah pandemic.

“Kami minta mengatur sab dilapangan dan masjid jika pelaksanaan sholad berlangsung di tempat terbuka dan ruangan, termasuk mengukur suhi seluruh jamaah yang datang, juga mnyediahkan tandom air,”ungkap Wakil Wali Kota yang juga ketua gugus tugas covid 19 Kota Jayapura.

Rustan juga menegaskan tim dan panitia akan memantau sejumlah lokasi titik yang untuk memastikan protkol kesehatan yang diberlakukan selama pelaksnaan idul adha 1441 hijriyah. Selain itu, memastikan seluruh protocol yang diterapakan akan diawasi panitia

“Saya minta satpol PP, dibantu Polri untuk membagi tugas pengamanan di titik yang telah ditentukan untuk pelaksanaan sholad Idul Adha,”harap Rustan.

Sementara itu, hewan qurban yang akan di qurbankan sebanyak  550 sapi dan kamping yang tersebar di 101 masjid dan musholah seluruh wilayah Kota Jayapura.

“Jumlah lokasi yang akan melaksanakan shoald idul adha sebayak seratus satu titik, di masjid dan beberapa lapangan terbuka, tersebar di setiap distrik di kota Jayapura,”kata Wakil Wali Kota Jayapura, H. Rustan Saru, Senin 27 Juli 2020

Dijelaskan, terkait hewan qurban, akan menyediahkan sebanyak 550 ekor sapi  dan kambing merupakan penyediaan dari seluruh jamaah masjid dan musholah yang ada di Kota Jayapura.  

“Untuk sementara ini, sebanyak hewan qurban sebanyak 529 ekor sapi  dan 21 ekor kambing jadi total sebanyak 550 ekor hewan qurban,”jelas Rustan Saru.

Pihaknya berharap hewan qurban ini dapat disalurkan dengan merata dan tertib dan teratur kepada masyarakat, tentunya menerpakan protocol kesehatan agar tidak terjadi penumpukan warga yang dating mengambil daging hewan qurban.

Rustan berharap, penyaluran daging hewan qurban, dapat disalurkan langsung oleh panitia, ke rumah-rumah warga yang berhak menerimah hewan qurban, sehingga tidak ada antrian di masjid dan lokasi pemotongan hewan qruban.

“Saya terima kasih kepada semua pengurus masjid, mushola dan semua panitia dan kantor kementrian agama, satpol pp, polri dan tni dalam rangka menerpakan mengatur tata cara tokoler kesehatan berkaitan dengan pelaksanaan hari raya idul adha 1441 hijriyah,”tutup Rustan Saru.

Direncanakan pelaksanaan sholad idul adha 1441 hijriyah di Kota Jayapura, akan dilaksanakan pada 31 Juli 2020 tersebar di Lapangan dan masjid di 5 distrik di Kota Jayapura.*(Humas)

  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*